oleh

Pelantikan Virtual Pengurus Forum Taman Baca Masyarakat (TBM) Kabupaten Bekasi Masa Bakti 2020-2025

REPORTIKA.COM || Kabupaten Bekasi, Jawa Barat – Taman Baca Masyarakat (TBM) adalah salah satu bentuk dari gerakan literasi yang dilakukan oleh dan untuk masyarakat tanpa mandang usia.

Gerakan ini juga bersinergi serta bermitra dengan gerakan literasi sekolah dan gerakan literasi keluarga agar dapat menunjang proses pendidikan sepanjang hayat, sebagai sarana untuk membangun pengetahuan dan belajar bersama agar terus berkesinambungan.

Fungsi Forum TBM hanya sebagai wadah atau ruang silaturahmi dan koordinasi antar pengelola TBM dalam rangka berbagi informasi, pengetahuan, pengalaman, pemikiran ihwal literasi di seluruh wilayah nusantara, khususnya Kabupaten Bekasi.

Hal ini tentu saja berkaitan dengan spirit untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan berkolaborasi, berfikir kritis dan komunikatif di antara sesama pegiat dan pengelola TBM.

Dihadiri Adeng Hudaya, AP. M.Si (Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi), Sapto Noviantoro, S.S. (Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Kabupaten Bekasi), Pengurus Pusat Forum TBM Dra. Suhartinah, Ketua FTBM JABAR Santi Susilowati, S.Pd beserta jajaran, Ketua Forum TBM Kab. Bekasi Ira Pelitawati S.E beserta jajarannya dan Para pegiat literasi Se-Kabupaten Bekasi acara berlangsung selama 60 menit begitu hikmat meski dilaksanakan secara daring melalui virtual Meet, sejak pukul 09.00 WIB meski kerap terkendala jaringan internet yang tersendat.

Ketua Forum TBM Kab. Bekasi Ira Pelitawati S.E sangat Bersyukur Hari ini Sabtu, 21 November 2020 telah terselenggara pelantikan Pengurus Forum Taman Bacaan Kabupaten Bekasi, Ira Pelitawati, S.E juga mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh panitia dan tamu undangan yang telah hadir dalam virtual meet.

“Atas nama teman pengurus, saya mengucapkan banyak terimaksih kepada teman semua yg telah berpartisipasi dalam zoom pelantikan Forum TBM Kab. Bekasi. Amanah yang kami emban lumayan berat kami jalankan sendirian. Pastinya kami butuh doa support dan kontribusi teman pegiat TBM di Kabupaten Bekasi agar mudah menjalaninya.
Menyalakan api 6 kecakapan literasi dasar pasti butuh sumbu dan jalinan teman semua. Sebab tanpa bergerak mimpi hanya akan jadi angan anak kecil semata. Mari bergerak bersama merawArt literasi di kabupaten bekasi, untuk generasi yang lebih baik. Salam Literasi.” jelas Ira Pelitawati, S.E.

“Selamat atas Pelantikan Forum TBM Kabupaten Bekasi kami berharap kedepan kepada pengurus bisa bermitra dan berkerjasama dengan seluruh gerakan-gerakan budaya baca yang ada dibekasi dan menjadi sebuah sumber daya yang mampu mengaktifkan dan memanfaatkan semua fasilitas maupun sarana yang di bangun oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan” Ungkap Sapto Noviantoro, S.S, Ketua GPMB Kab. Bekasi.

“Salam kenal kepada kalian dan terimakasih atas undangannya, saya merasa senang dan bahagia dapat bersilaturahim dengan baik semoga silaturahim dan komunikasi kita pada pagi ini banyak manfaat dan positif.
Selamat kepada pengurus FTBM kabupaten Bekasi yang dilantik dan diharapkan bisa bersinergi lebih baik antara Dinas Pendidikan Arsip, dan Dinas Pendidikan Kab. bekasi. Sebab TBM adalah ujung tombak dalam upaya memperluas minat baca di masyarakat, tentunya sangat membantu tugas-tugas kami di lapangan ” Papar Adeng Hudaya, AP. M.Si, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan.

“Saya titip kepada pengurus Forum TBM Kabupaten Bekasi untuk kuatkan 6 aspek kemampuan dasar literasi yang memang digembor-gemborkan saat ini untuk menjalin kekuatan yang lebih besar lagi. Di mana 6 gerakan literasi ini masuk di semua dinas terkait. Untuk itu saya mohon jika sudah dicanangkan oleh Forum TBM betul-betul dicanangkan dalam giat.
Saya yakin Teh Ira selaku ketua Forum TBM Kab. Bekasi akan sangat luar biasa dalam membuat advokasi jejaring dalam berbaai lini dengan dukungan temen-temen supaya gerakan muncul dan menjadi barometer di Propinsi JABAR khususnya” Ungkap Ketua Forum TBM Jawa Bart, Santi Susilowati, S.Pd mensupport sekaligus melantik pengurus Forum TBM Kabupaten Bekasi.

Red

Komentar

News Feed