oleh

Tujuan Menyerap Tenaga Kerja, Pemdes Jayalaksana laksanakan PKTD

Reportika.com||Kab Bekasi, Jawa Barat – Dalam upaya membantu mempercepat pemulihan ekonomi dan menjalankan program Pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya masyarakat miskin, Pemerintah Desa Jayalaksana Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi melaksanakan Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Sabtu 26/12/2020

Dalam menjalankan Program terebut, Pemdes Jayalaksana lakukan kegiatan dengan membersihkan gorong-gorong dan lening saluran air yang berlokasi di setiap Dusun dengan melibatkan masyarakat dan warga setempat sebagai pelaku kegiatan.

Pada kesempatan lain, Program PKTD juga dilakukan dengan prinsip banyak menyerap tenaga kerja, baik pengangguran, setengah penganggur atau miskin.

Peralatan yang digunakan pekerja PKTD merupakan peralatan sederhana, Pekerjaan dilaksanakan secara berkelompok dengan seorang pegawas dalam setiap kelompok, dan pembayaran upah tenaga kerja dilakukan secara tunai setiap selesai kerja.

Hal ini dikemukakan Sdr Irwansyah Kepala Desa “Selain bertujuan mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli bagi masyarakat, Padat Karya Tunai Desa (PKTD) juga bertujuan untuk mendistribusikan Dana Desa dan juga membantu perekonomian masyarakat dengan memberdayakan para pekerja lokal atau masyarakat Desa Jayalaksana. Dan tidak lupa, Pola pelaksanaan PKTD tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Ahmad Riyan Sadjali Ketua Karang Taruna Desa Jayalaksana (Dok Repotika.com)

Hal Serupa disampaikan Ahmad Riyan Sadjali Ketua Karang Taruna Desa Jayalaksana, menurutnya “Program PKTD ni adalah program yang cukup tepat dijalankan oleh Pemerintah, Karena sifatnya sangatlah membantu apalagi bagi masyarakat miskin”

“Program yang bisa menggaet ratusan tenaga kerja, membuat masyarakat bisa mendapatkan penghasilan sehingga bisa memberdayakan para pengangguran dan masyarakat yang status sosialnya dibawah. Dalam hal ini, saya sangat mengapresiasi tentang kinerja Pemerintah Desa Jayalaksana dan kepala Desa, tetap maju dan tetaplah mengedepankan dan mengoptimalkan pelayanan demi menuju masyarakat Jayalaksana sejahtera”. tutup Riyan sambil tersenyum. (Red)

<

Komentar

News Feed