oleh

Diduga Adanya Penyimpangan Anggaran, LSM Baladaya Akan Laporkan Kades Pantai Sederhana

Reportika.com||Kab Bekasi, Jawa Barat – Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2019 dalam bidang pembangunan Desa Pantai Sederhana Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi, saat ini menuai pertanyaan besar dan menjadi sorotan publik.

Fasalnya, jumlah anggaran dengan nilai Rp 1.459.921.400,- dilihat dari kondisi fisik yang ada, diduga terdapat penyimpangan didalamnya.

Berdasarkan hasil penelusuran dan informasi serta data-data yang dihimpun pihak Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Swadaya Masyarakat (DPC LSM) BALADAYA Kabupaten Bekasi,  terkait penggunaan anggaran Desa Pantai Sederhana Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi tahun 2019 dengan jumlah anggaran yang dinilai cukup pantastis, diduga hanya terkesan menggugurkan kewajiban.

Menyikapi dugaan tersebut, yang mengacu pada Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik, Ketua DPC LSM BALADAYA Kabupaten Bekasi Saiupul Supriadi telah mencoba melayangkan surat Audiensi dan klarifikasi kepada Kepala Desa Pantai Sederhana Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi terkait pemaparan penggunaan anggaran tersebut, namun tidak direspon seakan enggan untuk menjelaskan dan terkesan ada yang ditutup-tutupi.

“Telah dua kali saya melayangkan surat kepada Kepala Desa perihal audiensi dan klarifikasi tentang penyerapan anggaran tahun 2019 yang di kelola oleh Desa Pantai Sederhana, namun sampai dengan saat ini tidak ada respon sama sekali dari pihak pemerintah Desa maupun Kepala Desa, ada apa?” Ujar Ipul pada saat diwawancarai awak media.

“Seharunya kepala Desa respon dengan surat yang saya layangkan, mengacu pada undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik segala sesuatu yang menyangkut dengan uang negara, semuanya harus jelas peruntukannya dan dipergunakan untuk apa saja, walau sekecil apapun. Ini semua harus dipaparkan agar masyarakat tau dikemanakan dan dipergunakan untuk apa saja”.

Dalam hal ini Saipul Suriadi atau Ipul pun menegaskan, terkait pihak kepala Desa Pantai Sederhana tidak merespon surat yang dilayangkan pihak LSM Baladaya, hal ini menjadi pertanyaan besar sehingga menimbulkan kecurigaan yang mendasar dan akan melaporkannya ke pihak terkait.

” Surat yang saya layangkan tidak direspon sama sekali, kecurigaan saya semakin mendasar, hal ini akan saya tindak lanjut dan akan saya laporkan kepada pihak terkait”. Tutup Ipul. (Red)

Komentar

News Feed